6 JANJI ALLAH UNTUK ORANG YANG BERSEDEKAH


Ternyata, sedekah ini memiliki berbagai jenis keutamaan dan manfaat. Hal ini sesuai dengan janji Allah yang terdapat dalam Al-Qur’an dan hadist. 

1. Sedekah dapat Menghapus Dosa
Janji Allah yang pertama bagi orang yang rajin bersedekah adalah, sedekah itu dapat menghapus dosa orang yang mengerjakannya. Hal ini terdapat dalam sebuah hadis:  

Rasulullah SAW bersabda:
"Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." [HR. Tirmidzi]

Akan tetapi, janji tersebut akan dipenuhi apabila sedekah itu disertai dengan taubat atas dosa yang telah dilakukan. Lebih-lebih lagi apabila orang yang dengan sengaja melakukan maksiat seperti, memakan riba, mencuri dan lain-lain. Juga seperti mengambil hak anak yatim dan lainnya. 

2. Mendapatkan Naungan di Hari Akhirat
Tidak hanya dapat menghapus dosa, ternyata amalan sedekah juga dijanjikan akan mendapat naungan di hari akhirat nanti. Rasulullah SAW menceritakan mengenai 7 jenis manusia yang mendapat naungan di hari akhirat yang ketika itu tidak ada lagi naungan selain naungan dari Allah. Salah satu jenisnya adalah mereka yang rajin bersedekah.

"Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya." [HR. Bukhari]

3. Allah Melipatgandakan Pahala Orang yang Bersedekah

Janji Allah selanjutnya kepada mukmin yang rajin bersedakah adalah Allah akan melipatgandakan pahala bagi mereka. Firman Allah Ta’ala yang ertinya:

"Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki mahupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, nescaya akan dilipat gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak." [QS. Al-Hadid ayat 18]

4. Terdapat Pintu Syurga yang Hanya dapat Dimasuki Orang yang Bersedekah
Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda : "Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: "Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan" Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan solat, ia akan dipanggil dari pintu solat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah." [HR. Bukhari dan Muslim]

5. Dapat Membebaskannya dari Seksa Kubur
Selain mendapatkan syurga yang khusus, orang yang rajin bersedekah juga dijanjikan akan dibebaskan dari seksa kubur. 

Rasulullah SAW bersabda :

"Sedekah akan memadamkan api seksaan di dalam kubur." [HR. Ath-Thabrani]

6. Menjauhkan Diri dari Api Neraka
Janji Allah terakhir kepada mereka yang rajin bersedekah adalah akan menjauhkan diri dari api neraka. Ternyata meskipun hanya sedekah dengan jumlah yang sedikit, namun sedekah tersebut memiliki kuasa untuk menjauhkan diri dari api neraka. Semakin banyak sedekah yang dilakukan, maka akan semakin jauhlah darinya. 

Rasulullah SAW bersabda:

"Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak milikinya, maka boleh  dengan kalimah thayyibah" [HR. Bukhari dan Muslim]

Demikianlah ulasan mengenai enam janji Allah SWT kepada mukmin yang rajin bersedekah. Sungguh banyak keutamaan yang akan diperoleh mukmin yang gemar bersedekah ini. Untuk itu, keluarkan sedikit harta untuk bersedekah, agar Allah memberikan kita janji-janji mulia tersebut.

0 comment... add one now